NewsGpgo.inGopego MagzFans Art

iPhone China Bakal Gunakan Baidu Sebagai Search Engine Utama

25 May 2012
iPhone China Bakal Gunakan Baidu Sebagai Search Engine Utama

Laporan terbaru dari Sina Tech menyatakan bahwa Apple siap untuk mengintegrasikan Baidu sebagai search engine di dalam iOS untuk iPhone di China. Baidu sendiri pada saat ini merupakan search engine terbesar di China dengan penguasaan pangsa pasar sebesar 83,6 persen. Kerjasama antara kedua perusahaan tersebut jelas akan menjadi sebuah hubungan yang saling menguntungkan, dimana Baidu akan mendapatkan sorotan tersendiri di platform smartphone dengan status sebagai mobile web milik China yang paling aktif digunakan. Sedangkan bagi Apple, kerjasama tersebut akan mampu dijadikan sebagai sebuah nilai jual tambahan bagi penyebaran iPhone di China.

Segala manfaat yang bisa didapatkan oleh Apple dianggap sebagai pencapaian yang sangat penting dalam pertumbuhannya di pasar mobile negara China. Apple telah mampu meraih keuntungan sebesar $7,9 miliar dari pasar China pada kuartal pertama tahun ini, walaupun Android saat ini masih merupakan platform yang paling dominan di pasar China dengan pangsa pasar sebesar 68 persen.

Fokus Apple untuk pasar China juga termasuk usaha mereka dalam merangkul dukungan dari beberapa layanan lain, seperti Baidu, QQ, Sina Weibo, Youku dan juga Tudou ke dalam desktop OS generasi terbaru Apple, yaitu Mountain Lion yang siap dirilis bulan depan.

Baik Apple maupun Baidu masih belum mengkonfirmasi secara resmi kerjasama antara keduanya, walaupun salah seorang product manager Baidu telah memberitahukan pada sejumlah reporter tentang kesepakatan tersebut di sebuah ajang khusus perusahaan Baidu. Bagi Apple, langkah ini jelas memiliki nilai tambah yang menandakan semakin berkurangnya ketergantungan mereka terhadap Google dan juga produk-produk layanannya.

Source