NewsGopego PlayGopego Magz

Eric Schmidt: "Google Maps Untuk iPhone 5? Itu Terserah Apple"

25 Sep 2012
Eric Schmidt:

Pasca kontroversi yang ditimbulkan oleh aplikasi Maps dalam iOS 6 serta kemungkinan sedang disiapkannya sebuah aplikasi Google Maps khusus iPhone 5/iOS 6, Eric Schmidt hanya berkomentar bahwa seluruh keputusan dipegang oleh Apple.

“Kami berpendapat bahwa akan jauh lebih baik jika mereka tetap menggunakan aplikasi (Maps) kami. Tapi apa yang saya tahu?” kata Schmidt pada sejumlah reporter di Tokyo. “Lalu apa yang harus kami lakukan, memaksa mereka untuk mengubah pikiran mereka? Semuanya terserah mereka (Apple).”

Schmidt mengatakan bahwa baik Google dan Apple masih rutin berkomunikasi, bahkan pada ‘tiap jenjang/jajaran.’ Namun segala keputusan tentang apakah aplikasi Google Maps akan diterima sebagai sebuah aplikasi dalam Apple App Store merupakan sebuah keputusan yang mutlak harus diambil oleh Apple sendiri.

Google dan Apple sebelumnya merupakan perusahaan rekanan yang sangat dekat ketika iPhone pertama diluncurkan pada tahun 2007 silam, dimana aplikasi YouTube dan Google Maps ikut ambil bagian sebagai fitur unggulan untuk handset tersebut. Namun hubungan keduanya segera merenggang seiring dengan semakin populernya Android, yang kini telah menjadi OS pilihan dari 500 juta unit handset.

Schmidt sendiri berada di Jepang untuk mempromosikan peluncuran tablet Nexus 7 sekaligus memamerkan sebuah fungsi baru dari aplikasi Google Maps via tablet 7 inci tersebut. Fitur baru itu akan memungkinkan para pengguna merubah sudut pandang dari sebuah area, cukup dengan menggerakkannya saja, tanpa harus menekan tombol apapun di tablet (mirip dengan ketika Anda memainkan game Tilt 3D via tablet).

Di akhir wawancara, Schmidt berkomentar pada para wartawan “Rasakan Apple!,” sambil menekankan bahwa ucapannya tersebut hanya sebatas gurauan saja.

Source