NewsGopego PlayGopego Magz

Cracked! Siri Bisa Digunakan di Semua Smartphone

16 Nov 2011
Cracked! Siri Bisa Digunakan di Semua Smartphone

Menamakan diri sebagai Applidium, kelompok developer ini mempublikasikan sebuah kisah yang pasti membakar amarah pihak Apple. Bagaimana tidak, mereka yang tergabung dalam Applidium mengatakan telah berhasil cracking voice assistant Siri, yang menjadi keistimewaan iPhone 4S.

Mereka menjelaskan bahwa proses awal dari cracking Siri ini dilakukan dengan membuat Siri mengenali voice input yang tidak pernah diucapkan pada iPhone. Diketahui bahwa Siri menggunakan TCP untuk bicara melalui sebuah server di 17.174.4.4 pada port 443. Applidium kemudian log on ke desktop computer, memasukkan IP adress tersebut yang kemudian memunculkan server bernama “guzzoni.apple.com” dan Siri menggunakan HTTPS sebagai protocol.

Untuk mengakalinya, kelompok hacker itu kemudian menciptkaan versi palsu dari guzzoni.apple.com agar Siri bisa mengirim pesan ke server palsu itu, bukan ke server milik Apple. Applidium kemudian menemukan bahwa Siri mengirim catatan waktu ke Apple untuk setiap kata yang diucapkan, demikian juga dengan sebuah reply confidence score.

           


Dengan cara itu maka Applidium kini telah bisa menggunakan Siri di Android devices, atau bahkan smartphone dan gadget serupa lainnya. Namun jika ingin menggunakan Siri di device selain iPhone 4S, Anda tetap memerlukan setidaknya sebuah iPhone 4S identifier dan suatu ‘coding know-how’.

Para hacker yang telah berhasil cracking Siri untuk bisa dipakai di semua devices itu juga telah rilis satu set tools yang bisa dipakai oleh setiap orang untuk menciptkan aplikasi agar bisa dijalankan dengan Siri. Mereka juga meminta para hacker lain untuk mencoba tools tersebut agar bisa dilihat aplikasi apa saja yang nantinya bisa diciptakan.

Whooaahh, selain masih punya PR software update untuk membenahi boros baterai iPhone 4S, Apple sepertinya juga harus segera memberikan security update untuk Siri.

Source