NewsGopego PlayGopego Magz

Microsoft Bertekad Kalahkan Popularitas iPhone Di China

22 Mar 2012
Microsoft Bertekad Kalahkan Popularitas iPhone Di China

Microsoft sangat yakin bahwa platform Windows Phone mobile OS buatan mereka akan mampu mengalahkan popularitas perangkat iOS dari Apple di pasar smartphone China. Simon Leung, chairman serta CEO untuk Microsoft region China daratan, menyatakan bahwa mengalahkan Apple merupakan sebuah tujuan jangka pendek untuk perusahaan mereka, dan tujuan jangka panjangnya adalah mengalahkan platform Android dari Google serta menjadi perusahaan yang paling dominan di pasar lokal.

China telah menjadi sebuah pasar yang sangat penting untuk para vendor smartphone, negara tersebut diperkirakan akan mampu menjadi pasar smartphone terbesar di dunia pada tahun ini. Menurut hasil riset IDC, pengiriman smartphone di China akan meningkat sebesar 52 persen menjadi 137 juta unit dan jumlah tersebut akan menggeser posisi Amerika Serikat yang telah berada di puncak untuk pertama kalinya.

“Kami akan terus menurunkan harga dasar. Tujuan kami adalah menjadi nomor 1, menjadi yang ke-2 bukanlah sebuah tujuan,” kata Leung. iPhone 4S 16GB saat ini dijual seharga 4.988 yuan di China, dan Leung mengatakan bahwa para pabrik rekanan Microsoft akan mampu menghadirkan berbagai perangkat dengan kisaran harga 1.000 yuan (sekitar $158), walaupun dia tidak merinci perusahaan rekanan mana yang dimaksudkan.

Teck-Zhung Wong, seorang analis IDC di Beijing, memprediksi bahwa pada tahun 2016 Windows Phone akan memiliki pangsa pasar sebesar 20 persen di China, mengungguli platform iOS dari Apple yang memiliki pangsa pasar sebesar 16 persen, namun masih jauh di bawah Android dari Google yang mendominasi pangsa pasar dengan jumlah 60 persen.

Bila mengingat teori yang menyebutkan bahwa dominasi suatu perusahaan di pasar tertentu seringkali ditentukan peredaran perangkat seri low-end, setujukah Anda dengan prediksi di atas?

Source